Budidaya Hewan, Budidaya Tanaman

5 Teknologi Pertanian Yang Mau Menolong Petani

Sebagai salah satu faktor terpenting bagi kelangsungan hidup manusia di wajah bumi, pertanian mesti mencapai hasil yang mampu memberi makan populasi dunia. Karena itu, bermacam-macam Teknologi Pertanian Yang Akan Membantu Petani bermunculan untuk memajukan produksi, meminimalkan ongkos produksi sampai bisa memenuhi keperluan pangan dunia. Berikut 5 teknologi pertanian yang dikala ini mampu meningkatakan produktifitas.

Peluang perjuangan di bidang pertanian

Selain itu, AI bahkan membantu mengatur drone yang bisa memberi banyak faedah bagi pertanian.

Drone

Drone membantu petani mengurangi duit dan waktu berkat kesanggupan jangkau dan manuver drone mampu dimanfaatkan untuk memantau flora. Bahkan dengan  memanfaatkan teknologi AI, drone dapat mengatur diri sendiri dan mengamati lahan di sekeliling sehingga memberi lebih banyak manfaat serta menjalankan lebih banyak pekerjaan petani yang mungkin melakukan pekerjaan dengan ketersediaan tenaga kerja yang terbatas.

Robot

 Sistem robot (bareng teknologi AI) ini sudah masuk ke banyak sekali industri hingga pada level dimana banyak orang takut kehilangan pekerjaan. Beruntung dunia pertanian saat ini boleh dibilang kelemahan tenaga kerja. Dengan metode robot, pertanian memperoleh tenaga kerja yang mampu lebih hemat biaya dan efektif dibanding metode tradisional, misalnya penyemprot pupuk dan pestisida otomatis, traktor penggerak sendiri sehingga meminimalisir kebutuhan akan tenaga kerja insan sambil menuntaskan tugas yang dibutuhkan dengan akurasi dan efisiensi yang lebih tinggi.

Read More :  Penyakit Pada Flora Jagung

IoT (Internet of Things), teknologi berbasis internet

Agar pertanian mampu berjalan dengan “pintar”, diperlukan adanya sesnsor untuk mengumpulkan data bagi kegunaan teknologi AI. Sensor ini akan berkhasiat untuk mengumpulkan data seperti kesehatan tanaman, kelembaban tanah, suhu, keberadaan hama dan kondisi serupa yang lain termasuk penggunaan dan lokasi perlengkapan pertanian yang dapat memiliki dampak pada hasil panen. Teknologi ini juga digunakan dalam peternakan untuk mengawasi kesehatan binatang.

Pertanian Seluler

Ini yaitu teknologi untuk menciptakan barang pertanian atau susu tanpa mengambil dari binatang. Artinya, petani bisa menghasilkan daging, telur atau susu berkualitas tanpa memelihara hewan. Teknologi ini masih tergolong mahal tetapi banyak pemula memasuki bidang pertanian molekuler, dan produk kini tersedia untuk konsumen publik.

Itulah 5 teknologi yang mau menolong petani memproduksi pangan yang cukup untuk memberi makan dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *